Antisipasi Kekeringan Panjang, Petani Pacitan Ramai-Ramai Tanam Kedelai

Kekeringan yang melanda sebagian besar lahan pertanian di Pacitan tidak selamanya membawa dampak merugikan bagi petani. Sebaliknya, keterbatasan air mampu dimanfaatkan warga dengan memilih jenis tanaman yang menguntungkan
Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Pamudji Mengatakan, saat ini petani Pacitan banyak yang beralih menanam kedelai di banding Padi. Petani tidak mau merugi lagi seperti sebelumnya, karena kekurangan air, tanaman padi menjadi puso.Saat ini lanjut Pamudji, lahan pertanian yang beralih ditanamai kedelai mencapai luas hampir mencapai 500 hektar. Jika biasanya lahan yang ditanami kedelai seluas 4.039 hektar memasuki kemarau menjadi 4.472 hektar. Lokasinya sendiri banyak terdapat di wilayah Kecamatan Ngadirojo, Kebonagung Pacitan dan Arjosari.

Selain menghindari dampak resiko gagal panen karena puso, memilih komoditas kedelai saat musim kemarau juga lebih menguntungkan. Dengan menanam kedelai petani tidak perlu khawatir soal kebutuhan air. Ini karena pengairan untuk kedelai relatif lebih sedikit. Sedangkan dari sisi ekonomi harga produksi kedelai lebih stabil dibanding padi.

Pamudji berharap pemilihan komoditas tanam yang tepat sesuai musim ini dapat terus dilakukan petani Pacitan sehingga keuntungan yang didapat berlipat. Secara tekhnis, Peralihan jenis tanaman adalah memperbaiki kesuburan tanah, sehingga, memasuki musim tanam padi berikutnya akan lebih baik.

Namun kenyataanya, masih banyak petani Pacitan yang menganggap memanen padi tiga kali dalam setahun lebih menguntungkan. Hal ini menurut Pamudji disebabkan pola pikir masyarakat yang menganggap bertani bukan sebagai usaha tani namun lebih pada untuk persediaan pangan.

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

  • (Nama : Merzakun Nusuk) (NIM : 200922612) (Jurusan TI)

  • kalender

    September 2012
    S S R K J S M
         
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930